3 FENOMENA MANAJEMEN PENJUALAN
Dalam manajemen penjualan, ada
tiga fenomena sederhana yang acapkali para manager penjualan kurang
perhatikan. Fenomena pertama adalah
1. Penjualan
berbanding lurus dengan sales force size.
Tapi yang tidak
dilihat adalah perbandingan lurus itu sebenarnya tidaklah linier. Artinya
penjualan bisa saja naik dari waktu ke waktu tapi akan stagnan di titik
tertentu. Hal ini bisa terjadi karena pasar jenuh. Penyebab keduanya adalah
adanya penambahan sales force yang belum efektif karena biasanya dalam tahun
pertama masih dalam tahap belajar atau carry over.
“Sales itu ada dua
jenis. Pertama, penjualan yang dihasilkan di tahun itu dari hasil usaha di
tahun yang sama. Kedua, penjualan diperoleh dari usaha tahun-tahun sebelumnya,
biasa disebut carry over. Positifnya carry over adalah
penjualan dijamin stabil, tapi negatifnya jumlah account tidak ada
penambahan,
Dalam fenomena pertama ini,
sales force cost akan linier dengan sales yang membuat margin
semakin lama semakin tipis. Sehingga bila Anda terus menambah sales force,
maka tentunya margin akan semkain turun.
2.Fenomena kedua adalah
menggunakan indikator sales force cost dibagi dengan total persentase
penjualan. Sehingga semakin besar sales force cost, akan linier dengan
sales force size.
ada kecenderungan sales organization
tidak menambah orang oleh karena adanya misleading dari indikator tersebut dan
melupakan profit optimization.
3.Fenomena ketiga, penggunaan
proyeksi short term dalam jangka waktu setahun. Bila Anda menggunakan
jangka waktu mengukur penjualan dalam setahun sama artinya mengurangi penetrasi
pasar. “Industri di Indonesia kebanyakan berpikir short term, padahal yang
ideal untuk mengukur penjualan adalah dalam masa tiga tahun. Tapi bila
Anda bertahan pada short term, sebaiknya jangan menambah sales
force dengan risiko akan sulit berkembang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar